skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Kanker Pankreas

Gejala Kanker Pankreas

Pankreas adalah salah satu organ yang penting peranannya dalam sistem pencernaan. Salah satu kontribusi pentingnya adalah memecah gula menjadi energi sehingga tidak secara terus-menerus diangkut oleh darah.

Bisakah Anda bayangkan apa yang akan terjadi jika pankreas rusak? Kerusakan kecil pada pankreas bisa mengakibatkan Anda terkena penyakit diabetes atau penyakit kencing manis.

Pankreas mempunyai dua fungsi endokrin dan eksokrin, berasal dari sel kanker endokrin, disebut kanker karsinoma neuroendokrin, relatif jarang ditemukan, Steve Jobs meninggal karena kanker ini.

Karsinoma neuroendokrin dalam banyak kasus tingkat keganasannya relatif rendah, proses penyakitnya agak panjang, cara pengobatan dengan penyakit kanker pankreas yang sering ditemukan juga berbeda.

Lalu bagaimana jika pankreas mengandung sel kanker yang merusak? Metabolisme tubuh akan kacau, itulah yang terjadi jika pankreas Anda terkena kanker. Organ-organ yang lain juga akan berangsur-angsur rusak akibat tingginya gula dalam darah. Gejala kanker pankreas sangat ditakuti oleh masyarakat mengingat gangguan seperti diabetes saja sudah membuat banyak orang di Indonesia menjadi gusar.

Kanker pankreas pada tahap awal biasanya tidak menimbulkan gejala dan oleh karena itu diagnosis menjadi lebih sulit untuk dilakukan. Gejala kanker pankreas pada tahap lanjut tergantung bagian kelenjar pankreas yang terjangkit karena pankreas memiliki dua jenis jaringan kelenjar.

Pertama adalah kelenjar yang memproduksi enzim pencernaan atau disebut dengan kelenjar eksokrin. Kedua adalah kelenjar yang memproduksi hormon, atau disebut juga dengan kelenjar endokrin. Kelenjar eksokrin merupakan kelenjar yang paling sering terjangkit kanker pankreas dengan gejala yang umumnya terjadi seperti penyakit kuning, kehilangan berat badan, dan nyeri punggung atau nyeri perut.

Selain beberapa gejala yang disebutkan di atas, ada beberapa gejala kanker pankreas lain seperti berikut:

  • Diabetes
  • Demam dan menggigil
  • Penyakit kuning
  • Gatal
  • Darah mudah menggumpal
  • Mual dan muntah
  • Gangguan pencernaan
  • Depresi
  • Perubahan pola buang air besar
  • Hilangnya selera makan
  • Demam

Normalnya untuk memeriksa orang yang diduga menderita penyakit kanker pankreas, biasanya dipilih cara pemeriksaan yang tidak menimbulkan luka, seperti cek tumor marker dan sample feses pasien, dan setelah didapatkan hasil namun meragukan, bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Mengetahui penyebab dan gejala kanker pankreas sedini mungkin akan memotivasi Anda untuk selalu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Kanker pankreas bisa menyerang siapa saja. Mulai dari status sosial yang tinggi sampai menengah pun memiliki potensi yang sama besar mengidap penyakit ini. Salah satu faktor pencetus yang perlu Anda hindari adalah kegemukan.

Tubuh yang gemuk mengandung banyak lemak yang tertimbun. Lemak ini bisa saja banyak menempel pada pankreas yang akhirnya menghalangi dan memberatkan kerja pankreas. Ketika pankreas mengalami kerusakan, akan terjadi peningkatan jumlah gula dalam darah dan menurunkan sedrastis berat badan Anda. Hal ini bisa menjadi gejala kanker pankreas awal yang dapat Anda deteksi sendiri.

Penyebab lain seperti merokok, kurangnya konsumsi buah dan sayur, dan faktor keturunan dapat meningkatkan kemungkinan Anda terserang penyakit ini. Ditemukan bahwa 5%-10% seseorang yang memiliki riwayat kanker pankreas dalam keluarganya juga terkena dengan kanker yang sama. Gejala kanker pankreas sangat sulit dibedakan dengan gejala yang ada pada penderita diabetes.

Untuk itu bagi penderita diabetes perlu Anda waspadai mengenai perkembangan kesehatan pankreas Anda pada dokter. Konsultasi ini sangat penting untuk menentukan apakah Anda termasuk orang yang beresiko atau tidak untuk terserang kanker pankreas.

 

Apa Itu CancerCare?

CancerCare adalah Obat Kanker formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit kanker.
Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat CancerCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

CancerCare memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membuang racun dalam darah, menghalangi sel kanker agat tidak melakukan pembelahan diri, memberantas sel kanker tanpa merusak sel sehat lainnya.