skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Kanker Darah Yang Ganas Dan Berbahaya

Penyakit Kanker Darah Yang Ganas dan Berbahaya

Penyakit Kanker Darah Yang Ganas dan Berbahaya – Leukemia adalah salah satu peyakit kanker yang menyerang sel darah. Jadi leukemia adalah kanker sel darah. Banyak jenis kanker menyerang manusia pada usia tertentu, tetapi leukimia menyerang semua usia sejak bayi hingga orang tua. Karena leukemia adalah sel kanker darah maka sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang sel  darah dan apa yang terjadi jika timbul leukemia.

Dalam aliran darah ada terdapat komponen darah yang terbentuk zat cair yang disebut plasma darah dan komponen darah yang terbentuk sel, yang terdiri dari 3 jenis sel yang mempunyai fungsi masing-masing, yaitu:

  • Sel darah merah atau eritrosit yang berfungsi membawa karbon dioksida (CO2) dari seluruh tubuh ke paru-paru. Sel darah merah inilah yang memberi warna darah kerana jumlahnya yang paling besar.
  • Sel darah putih atau lekosit yang bertugas melawan infeksi
  • Sel keping darah atau trombosit yang menutup lubang jika terjadi kebocoran pembuluh darah dan bersama faktor pembekuan menghentikan perdarahan.

Ketiga jenis sel darah tersebut diproduksi dalam sum-sum tulang iaitu bahagian tengah tulang yang berbentuk seperti spons. Semua sel darah berasal dari satu sel induk yang disebut sel stem pluripoten. Sel darah yang masih muda (immature) disebut sel blast. Semua sel blast ini dalam keadaan normal berada dalam sum-sum tulang sampai berbentuk sel matang (mature).

Sel-sel darah diproduksi secara teratur dan terkontrol sesuai kebutuhan tubuh. Misalnya, jika terjadi perdarahan (menstruasi dll) sum-sum tulang akan membuat sel darah merah lebih cepat/ lebih banyak untuk mempertahankan  kadar haemoglobin.

Jenis-Jenis Kanker Darah

Berdasarkan sumber sel dan karakteristik morfologi, leukemia dapat dibagi menjadi kategori – kategori sebagai berikut:

  • Leukemia myeloid akut: yaitu sejenis proliferasi sel darah putih yang abnormal dari leukemia myeloid. Leukemia myeloid akut ditandai oleh proliferasi cepat sel-sel abnormal dalam sumsum tulang dan mempengaruhi pertumbuhan dari sel-sel darah normal lainnya.
  • Leukemia myeloid kronis: yaitu penyakit klon sel proliferasi pada batang hematopoietik, yang juga memiliki proliferasi sumsum tulang, umumnya leukositosis darah akan bertambah banyak dan organ limpa mengalami pembesaran, gejala gejala inilah yang menjadi fitur utama dari leukemia myeloid kronis.
  • Leukemia limfoblastik akut: adalah gangguan pada sel hiperplasia lymphoblastoid dan kelainan pada sel lymphoblastoid atau diferensiasi pembentukan sejumlah besar sel darah putih matang yang di blokir, yang merupakan leukemia yang dapat berkembang dengan pesat.
  • Leukemia limfositik kronis: leukemia jenis ini merupakan tumor ganas yang mempengaruhi limfosit, leukemia limfositik kronis ditandai dengan sejumlah besar limfosit belum menghasilkan agregasi sel, menghambat hematopoietik normal pada sumsum tulang.

Penyebab Kanker Darah

  1. Radiasi

Paparan radiasi dapat sangat berefek negatif bagi sel-sel tubuh. Baik itu radiasi yang berasal dari sinar matahari melalui sinar ultraviolet maupun radiasi yang yang biasa digunakan dalam bidang kedokteran, seperti sinar x-ray, CT scan, fluoroscopy, dan scan nuklir.

Meskipun radiasi yang di dunia medis tersebut digunakan untuk diagnosa dan pengobatan kanker, namun efek yang diakibatkan oleh radiasi medis tersebut juga menjadi faktor pemicu timbulnya sel kanker baru.

Selain kedua jenis radiasi tersebut, ada lagi paparan radiasi dari gas radon yakni sejenis gas radioaktif yang biasanya terdapat di rumah kita.

Radiasi sinar ultraviolet yang berlebihan merupakan salah satu penyebab utama kanker kulit. Sedang sinar medis dan gas radon yang merupakan kelompok radiasi ionizing adalah salah satu penyebab penyakit kanker darah, kanker tiroid, dan kanker payudara.

  1. Keturunan

Memiliki silsilah keluarga penderita leukimia menjadi salah satu penyebab utama terjangkit leukimia. Semua jenis kanker memang dapat diturunkan melalui gen, dari generasi atas ke generasi di bawahnya.

Adapun besarnya risiko ini bergantung pada seberapa dekat hubungan darah seseorang dengan penderita penyakit kanker.

Seorang anak yang memiliki ayah atau ibu penderita penyakit kanker darah tentu lebih berisiko besar terkena kanker dibanding mereka yang memiliki bibi atau paman penderita kanker darah.

  1. Merokok

Merokok dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya, termasuk penyakit kanker darah. Jika anda ingin menghindarkan diri anda dari berbagai penyakit mematikan, maka menjauhi rokok adalah salah satu hal pertama dan utama yang harus anda lakukan.

Hasil penelitian yang fokus mengamati bahaya rokok terhadap tubuh menunjukkan, orang yang tidak merokok atau berhenti merokok sangat berisiko rendah terkena berbagai jenis kanker. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa rokok menjadi biang penyebab 30% kasus kematian di Amerika Serikat.

  1. Obat imunosupresif

Salah satu faktor pemicu kanker darah lainnya adalah konsumsi obat imunosupresif. Obat imunosupresif merupakan obat yang digunakan sebagai terapi beberapa jenis penyakit seperti radang usus besar.

Obat ini bekerja menekan atau mengurangi aktivitas imun bagi pasien paska menjalani transplantasi organ, agar organ baru yang “ditanam” dapat diterima dengan baik oleh tubuh.

Karena efeknya yang mengurangi fungsi imun, konsumsi obat ini dapat menjadikan tubuh lebih rentan terhadap penyakit kanker, termasuk kanker darah. Tidak adanya pertahanan yang kuat dari sistem kekebalan tubuh menjadikan sel kanker lebih mudah berkembang dalam tubuh.

Apa Itu CancerCare?

CancerCare adalah Obat Kanker formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit kanker.
Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat CancerCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

CancerCare memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membuang racun dalam darah, menghalangi sel kanker agat tidak melakukan pembelahan diri, memberantas sel kanker tanpa merusak sel sehat lainnya.