skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pembengkakan Prostat

Pembengkakan Prostat

Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) atau pembesaran prostat jinak adalah suatu kondisi yang menyebabkan kelenjar prostat mengalami pembengkakan, namun tidak bersifat kanker. Kelenjar prostat memiliki fungsi untuk memproduksi air mani dan terletak pada rongga pinggul antara kandung kemih dan penis.

Pada sistem kemih pria terdapat sebuah saluran yang berfungsi membuang urine keluar dari tubuh melalui penis, yaitu uretra. Dan jalur lintas uretra ini secara kebetulan melewati kelenjar prostat.

Jika terjadi pembengkakan / pembesaran pada kelenjar prostat, maka secara bertahap akan mempersempit uretra dan pada akhirnya aliran urine mengalami penyumbatan. Penyumbatan inilah sering menimbulkan berbagai gejala klinis akibat dari pembengkakan / pembesaran prostat, seperti:

  • Selalu ingin berkemih, terutama pada malam hari
  • Inkontinensia urine atau beser
  • Sulit mengeluarkan urine
  • Mengejan pada waktu berkemih
  • Aliran urine tersendat-sendat
  • Mengeluarkan urine yang disertai darah
  • Merasa tidak tuntas setelah berkemih

Penyebab pembengkakan atau pembesaran prostat ( BPH ) menurut para ahli medis belum diketahui secara pasti, namun kemungkinan besar penyebabnya adalah perubahan hormon seksual seiring bertambahnya usia.

Selain itu ada juga faktor-faktor penyebab seseorang lebih beresiko terkena pembengkakan / pembesaran prostat, antara lain:

  • Kurang berolahraga dan obesitas
  • Faktor penuaan
  • Menderita penyakit jantung atau diabetes
  • Efek samping obat-obatan penghambat beta
  • Keturunan

Sebenarnya secara umum, pembesaran prostat jinak tidak menyebabkan inkontinensia. Bila terjadi, biasanya karena penyakit yang sudah lanjut sehingga menyebabkan sumbatan prostat menahun. Awalnya, penderita akan mengalami urin menetes usai buang air kecil.

 

Inilah langkah pencegahan dan penyembuhan efektif untuk membebaskan pria dari pembengkakan prostat:

1. Teknik Perilaku

Teknik ini mengajar kamu cara mengendalikan kandung kemih dan otot sphincter. Latihan ini juga akan membantu kamu mengendalikan keinginan untuk buang air kecil secara bertahap dan mengurangi kunjungan ke kamar kecil terlalu sering.

Teknik ini dianjurkan bagi penderita pembengkakan dorongan. Dalam hal ini kamu mungkin akan diminta untuk mengurangi minum.

2. Rehabilitasi Otot Pelvis

Latihan olahraga, seperti Kegel dapat membantu memperkuat otot lemah yang memompa kandung kemih. Penanganan lainnya adalah mencatat feedback biologis dan latihan lantai guna menstimulasi tulang pinggul.

3. Pengobatan

Antibiotik, terapi pergantian hormon (HRT) dan obat lainnya untuk kandung kemih atau pengendalian otot kandung kemih bisa digunakan untuk mengatasi infeksi air kencing, penggantian hormon dan memperkencang otot kandung kemih yang lemah.

Namun waspadai pemakaiannya karena bagaimanapun pemakaian jangka panjang obat-obatan berbahan dasar kimia tentu tidak dianjurkan.

4. Operasi

Ini adalah pilihan terakhir jika seluruh pengobatan tidak berhasil. Bentuk operasi bergantung pada jenis dan penyebab pembengkakan kandung kemih. Operasi dianjurkan untuk wanita yang menderita pembengkakan tekanan.

Kini terdapat prosedur yang menggunakan pita bebas tekanan atau TVT (tension-free tape) untuk mengembalikan kandungan kemih ke posisi aslinya.

Untuk pria yang terkena pembengkakan prostat, operasi endoskopi yang dikenal sebagai TURP (transurethral resection prostata) telah menggantikan prosedur operasi yang bertujuan untuk membuang sumbatan pada kandung kemih.

Mereka yang memiliki kandung kemih kecil dapat melakukan operasi ini untuk memperbesar kandung kemih sehingga dapat lebih banyak menampung air kencing.

Dalam mendiagnosis pembengkakan prostat jinak (BPH), dokter akan menanyakan gejala yang dirasakan oleh pasien terlebih dahulu:

  • Apakah aliran urine pasien sering lemah atau tersendat-sendat?
  • Seberapa sering pasien merasa berkemih yang tidak sepenuhnya tuntas?
  • Seberapa sering pasien terbangun di malam hari untuk berkemih?
  • Dan seberapa sering pasien mengejan untuk mulai berkemih?
  • Apakah pasien sering sulit menahan keinginan untuk berkemih?
  • Apakah pasien berkemih lebih dari satu kali dalam kurun waktu dua jam?

Untuk memeriksa ukuran kelenjar prostat secara fisik, dokter akan melakukan pemeriksaan colok dubur.

 

Apa Itu CancerCare?

CancerCare adalah Obat Kanker formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit kanker.
Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat CancerCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

CancerCare memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membuang racun dalam darah, menghalangi sel kanker agat tidak melakukan pembelahan diri, memberantas sel kanker tanpa merusak sel sehat lainnya.