skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Kanker Darah Dan Jenisnya

Pengertian Kanker Darah Dan Jenisnya

Salah satu jenis penyakit kanker yang memiliki tingkat kematian sangat tinggi adalah kanker darah atau leukemia. Berdasarkan data medis, pada tahun 2000 terdapat sekitar 256,000 anak dan dewasa di seluruh dunia menderita penyakit leukemia, dan 209,000 orang diantaranya meninggal karena penyakit tersebut.

Inilah bukti nyata bahwa penyakit leukemia sangat berbahaya dan mematikan. Sekitar 90% penderita leukemia adalah orang dewasa, sementara sisanya adalah anak-anak. Leukemia sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu leukos yang berarti putih, dan aima yang berarti darah.

Penggunaan kata leukemia yang berarti darah putih sangat beralasan, hal ini dikarenakan kanker darah adalah jenis kanker yang menyerang sel darah putih dalam tubuh. Secara umum, definisi dan pengertian leukemia adalah jenis penyakit kanker yang menyerang sel-sel yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang.

Pada orang dengan kondisi normal, sel-sel darah putih akan berkembang secara normal dan teratur di saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul. Sedangkan pada penderita kanker darah atau leukemia, sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang tidak normal (abnormal) yang jumlahnya berlebihan serta tidak dapat berfungsi dengan baik.

Produksi sel darah putih yang berlebihan karena serangan kanker darah atau leukemia dalam tubuh akan mengakibatkan terjadinya penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan menjadi tersumbat.

Itulah definisi dan pengertian kanker darah atau leukemia secara umum yang perlu anda ketahui, berikutnya akan dibahas mengenai beberapa jenis kanker darah atau leukimia yang dikenali dalam dunia medis.

Berdasarkan dua pengelompokan di atas, terdapat empat jenis kanker darah yang paling sering terjadi. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing jenis.

– Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML)

Jenis kanker darah ini umumnya diderita oleh dewasa. CML memiliki dua tahap. Pada tahap pertama, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan-lahan. Lalu saat memasuki tahap kedua, jumlah sel-sel abnormal akan bertambah dengan pesat sehingga kondisi pasien akan menurun secara drastis.

– Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML)

Ini adalah jenis kanker darah yang umumnya menyerang dewasa. Tetapi AML juga dapat diidap oleh anak-anak serta remaja. Kanker ini akan membentuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan dapat menyumbat pembuluh darah.

– Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)

Jenis ini hanya dialami oleh orang dewasa. CLL umumnya baru terdeteksi pada stadium lanjut karena pasien cenderung tidak merasakan gejala-gejalanya untuk waktu yang lama.

– Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL)

ALL dapat menghambat fungsi limfosit sehingga pengidapnya berpotensi mengalami infeksi yang serius. Kanker darah ini umumnya diidap oleh anak-anak, tapi juga mungkin menyerang dewasa.

Secara umum, kanker darah atau leukemia terjadi akibat produksi sel darah putih yang terlalu cepat sehingga banyak sel yang masih belum terbentuk secara sempurna dan akhirnya kekebalan tubuh penderitanya tidak berfungsi secara maksimal.

Pada tahap awal, dokter akan menanyakan gejala-gejala yang ada sebelum memeriksa kondisi fisik Anda. Jika menduga Anda mengidap kanker darah, misalnya karena adanya pembengkakan pada limfa noda, hati, atau limpa, dokter akan menganjurkan pemeriksaan lebih mendetail yang meliputi tes darah serta biopsi sumsum tulang.

Tes darah akan menunjukkan kadar sel darah putih yang abnormal. Sementara biopsi sumsum tulang digunakan untuk memastikan keberadaan sel-sel kanker darah. Prosedur yang dilakukan dengan mengambil sampel sumsum tulang ini juga digunakan untuk mengetahui jenis kanker darah.

Apa Itu CancerCare?

CancerCare adalah Obat Kanker formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit kanker.
Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat CancerCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

CancerCare memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membuang racun dalam darah, menghalangi sel kanker agat tidak melakukan pembelahan diri, memberantas sel kanker tanpa merusak sel sehat lainnya.