skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Kanker Pankreas

Penyebab Kanker Pankreas

Kanker pankreas sama seperti jenis-jenis kanker umum lainnya di mana terjadi pertumbuhan tumor atau jaringan abnormal. Khusus untuk kanker pankreas, maka tentu tumbuhnya tumor adalah pada pankreas, sementara pankreas sendiri adalah kelenjar besar yang masih menjadi bagian dari sistem pencernaan kita. Panjang pankreas sendiri ada sekitar 15 cm dan berfungsi menghasilkan enzim pencernaan untuk penguraian makanan supaya tubuh dapat menyerapnya.

Pankreas di dalam tubuh kita juga memiliki peran untuk membuat kadar gula darah tetap normal dan stabil dengan menghasilkan hormon, insulin salah satunya. Hingga kini, penyebab kanker pankreas sendiri belumlah diketahui secara jelas. Hanya saja kali ini kita akan melihat lebih dalam tentang faktor penyebab penyakit ini.

1. Faktor Usia

Usia seseorang, terutama yang sudah lansia memang cukup berpotensi tinggi dalam menderita penyakit serius, tak terkecuali kanker pankreas. Penyebab atau faktor risiko utama yang dapat membuat seseorang menderita kanker pankreas adalah usia. Peningkatan risiko kanker pankreas dapat terjadi seiring bertambahnya usia.

Ini karena telah diteliti bahwa penyakit kanker jenis ini banyak dialami oleh lebih dari 80 persen orang yang usianya antara 60 dan 80 tahun. Rata-rata justru orang dengan usia 75 tahun mulai berisiko tinggi mengidap kanker pankreas. Namun tentu saja ini bukan satu-satunya faktor yang perlu untuk diketahui.

2. Kebiasaan Merokok

Kalau Anda mengira bahwa merokok hanya dapat berpengaruh buruk terhadap paru-paru dan menjadi penyebab penyakit kanker paru-paru, Anda salah besar. Kebiasaan merokok sebetulnya juga tak baik untuk banyak organ tubuh kita yang lainnya, salah satunya pankreas. Kanker pankreas lebih besar potensinya pada seseorang dengan kebiasaan merokok berlebih.

Telah diteliti oleh sebagian ilmuwan bahwa 1 dari 4 atau 5 kasus dari kanker pankreas dipicu oleh kebiasaan merokok. Bahkan juga sudah dibuktikan bahwa mereka yang telah berhenti dari kebiasaan merokok dari awal dapat menurunkan risiko kanker pankreas. Jadi tentu dapat kita tangkap langsung bahwa artinya tidak merokok dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk mengurangi potensi terserang kanker pankreas ini.

3. Jenis Kelamin

Percaya atau tidak, faktor jenis kelamin pun turut berperan dalam peningkatan risiko penyakit kanker pankreas. Yang lebih sering terkena penyakit ini adalah pria ketimbang wanita. Ini karena mungkin kebanyakan pria memiliki kebiasaan merokok yang lebih parah daripada wanita. Maka bisa disimpulkan bahwa kanker pankreas akan lebih mudah menyerang pria dengan usia antara 60-80 tahun dengan kebiasaan merokok aktif.

4. Faktor Genetik

Banyak kasus kanker yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Riwayat kesehatan anggota keluarga juga rupanya sangat penting dalam menentukan kesehatan kita. Hal ini ternyata berlaku juga untuk risiko kanker pankreas, yaitu oleh sindrome kanker turunan.

Ini sama seperti kasus sindrom melanoma dan sindrom kanker payudara (BRCA2 dan PALB2). Jadi, jika salah satu anggota keluarga ada yang pernah atau sedang mengidap kanker pankreas, kemungkinan kita pun menjadi lebih besar untuk mengidap penyakit yang sama.

5. Infeksi Pankreas

Pankreas yang terkena radang atau infeksi juga bisa menjadi penyebab munculnya kanker pankreas. Infeksi yang tak segera diobati atau ditangani lalu dibiarkan dalam waktu yang lama dapat mengembangkan risiko kanker pankreas. Mengecek kesehatan pankreas adalah sesuatu yang penting supaya dapat mencegah sel-sel kanker tumbuh dan menyebar secara cepat.

Sekilas info tentang penyebab kanker pankreas sudah disebutkan. Setelah melihat sejumlah penyebab tersebut, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat tak ada ruginya.

 

Apa Itu CancerCare?

CancerCare adalah Obat Kanker formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit kanker.
Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat CancerCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

CancerCare memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membuang racun dalam darah, menghalangi sel kanker agat tidak melakukan pembelahan diri, memberantas sel kanker tanpa merusak sel sehat lainnya.